Sabtu, 29 Januari 2011

Model Penelitian Pengembangan Borg and Gall (1983)

Dalam model pengembangan, Borg and Gall memuat panduan sistematika langkah-langkah yang dilakukan oleh peneliti agar produk yang dirancangnya mempunyai standar kelayakan. Dengan demikian, yang diperlukan dalam pengembangan ini adalah rujukan tentang prosedur produk yang akan dikembangkan. Uraian model pengembangan Borg dan Gall, dijelaskan sebagai berikut.

Educational research and development (R & D) is a process used to develop and validate educational products. The steps of this process are usually referred to as the R & D cycle , which consists of studying research findings pertinent to the product to be developed, developing the product based on the finding, field testing it in the setting where it wil be used eventually, and revising it to correct the deficiencies found in the field testing stage. In indicate that product meets its behaviorally defined objectives. (Borg & Gall, 1983:772)

Terjemahan:
Riset dan pengembangan bidang pendidikan (R & D) adalah suatu proses yang yang digunakan untuk mengembangkan dan mengesahkan produk bidang pendidikan. Langkah-langkah dalam proses ini pada umumnya dikenal sebagai siklus R& D, yang terdiri dari: pengkajian terhadap hasil-hasil penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan validitas komponen-komponen pada produk yang akan dikembangkan, mengembangkannya menjadi sebuah produk, pengujian terhadap produk yang dirancang, dan peninjauan ulang dan mengoreksi produk tersebut berdasarkan hasil uji coba. Hal itu sebagai indikasi bahwa produk temuan dari kegiatan pengembangan yang dilakukan mempunyai obyektivitas.

Dalam teknologi pembelajaran, deskripsi tentang prosedur dan langkah-langkah penelitian pengembangan sudah banyak dikembangkan. Borg & gall (1983) menyatakan bahwa prosedur penelitian pengembangan pada dasarnya terdiri dari dua tujuan utama, yaitu: (1) mengembangkan produk, dan (2) menguji keefektifan produk dalam mencapai tujuan.

Tujuan pertama disebut sebagai fungsi pengemban sedangkan tujuan kedua disebut sebagai validasi. Dengan demikkian, konsep penelitian pengembangan lebih tepat diartikan sebagai upaya pengembangan yang sekaligus disertai dengan upaya validasinya.

Borg dan Gall (1983: 775) mengajukan serangkaian tahap yang harus ditempuh dalam pendekatan ini, yaitu “research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing, final product revision, and dissemination and implementation”. Secara konseptual, pendekatan penelitian dan pengembangan mencakup 10 langkah umum, sebagaimana diuraikan Borg & Gall (1983:775), seperti model di bawah ini:

Gambar: Skema prosedur pengembangan hasil adaptasi dari prosedur pengembangan Borg & Gall (Sumber: Borg & Gall, 1983:775)

Keterangan:

1. Research and information collecting; termasuk dalam langkah ini antara lain studi literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang dikaji, dan persiapan untuk merumuskan kerangka kerja penelitian;

2. Planning; termasuk dalam langkah ini merumuskan kecakapan dan keahlian yang berkaitan dengan permasalahan, menentukan tujuan yang akan dicapai pada setiap tahapan, dan jika mungkin/diperlukan melaksanakan studi kelayakan secara terbatas;

3. Develop preliminary form of product, yaitu mengembangkan bentuk permulaan dari produk yang akan dihasilkan. Termasuk dalam langkah ini adalah persiapan komponen pendukung, menyiapkan pedoman dan buku petunjuk, dan melakukan evaluasi terhadap kelayakan alat-alat pendukung;

4. Preliminary field testing, yaitu melakukan ujicoba lapangan awal dalam skala terbatas. dengan melibatkan subjek sebanyak 6 – 12 subjek. Pada langkah ini pengumpulan dan analisis data dapat dilakukan dengan cara wawancara, observasi atau angket;

5. Main product revision, yaitu melakukan perbaikan terhadap produk awal yang dihasilkan berdasarkan hasil ujicoba awal. Perbaikan ini sangat mungkin dilakukan lebih dari satu kali, sesuai dengan hasil yang ditunjukkan dalam ujicoba terbatas, sehingga diperoleh draft produk (model) utama yang siap diujicoba lebih luas;

6. Main field testing, uji coba utama yang melibatkan seluruh mahasiswa.

7. Operational product revision, yaitu melakukan perbaikan/penyempurnaan terhadap hasil uji coba lebih luas, sehingga produk yang dikembangkan sudah merupakan desain model operasional yang siap divalidasi;

8. Operational field testing, yaitu langkah uji validasi terhadap model operasional yang telah dihasilkan;

9. Final product revision, yaitu melakukan perbaikan akhir terhadap model yang dikembangkan guna menghasilkan produk akhir (final);

10. Dissemination and implementation, yaitu langkah menyebarluaskan produk/model yang dikembangkan

Skema tersebut dirujuk dari the major steps in the R & D cycle Borg dan Gall. Pengadaptasiannya diwujudkan dalam bentuk perencanaan teknis sasaran dan jenis kegiatan yang akan dilakukan dalam tiap tahapnya. Sukmadinata (2010) menjelaskan ”Jika kesepuluh langkah penelitian dan pengembangan diikuti dengan benar, maka akan dapat menghasilkan suatu produk pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan”. Langkah-langkah tersebut bukanlah hal baku yang harus diikuti, langkah yang diambil bisa disesuaikan dengan kebutuhan peneliti.

41 komentar:

Anonim mengatakan...

punya buku Educational research:
an introduction (Bord and Gall) ga?

Anonim mengatakan...

?

GALLERY BERITA mengatakan...

aku punya tp edisi yang k empat

Laugh, Love, Learn mengatakan...

sumbernya mana ya?

Raekha Azka mengatakan...

wah ane pengen tuh

Farkha Art Of Voice mengatakan...

mas, kalo mau beli ato pinjam bukunya di mana ya???

fadhlur mengatakan...

saya perlu bukunya. itu beli dmna?

Anonim mengatakan...

kalau di jogja bisa nyetak di pandu. lokasi timur FT UNY.

Evi Elvi mengatakan...

perlu buku tentang ini, judul bukunya sama pengarangnya spa ini??

Nur Cahyati mengatakan...

@PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN : saya mau dong yg edisi ke 4, minta tolong banget, bisa sent via email ke emailcahyati@yahoo.co.id untuk bahan skripsi, terima kasih :)

Anonim mengatakan...

@PRoDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN: mohon dicek yg di edisi 4, di halaman yg disebutkan, apa bener ad tulisan kyk gitu di buku Borg n Gall, Trus pengarangnya sama g, di edisi 4 ma edisi 7 (di edisi 7, M. Gall, Joyce Gall & Borg)...maaf cma mw konfirmasi aj

Unknown mengatakan...

Gmn cara mendapatkan buku itu.. Saya butuh bngt.. Beli dimana ya..?

errynavirida mengatakan...

assalamualaikum, buku ini tidak ada yang versi bahasa indonesia?

Anonim mengatakan...

maaf mau tanya untuk yang nyetak di pandu itu harganya berapa ya?

Puput Ika mengatakan...

Apakah ada softfile dr buku ini? Edisi ke 7 atau berapapun. Please send email to puputika@gmail.com
Thank you

Unknown mengatakan...

bisa minta softfile bukunya enggak

Unknown mengatakan...

saya butuh buku Borg and Gall edisi terbaru. bagi teman yang bisa membantu mohon menghubungi saya di nisaliaduwata@gmail.com

Unknown mengatakan...

Dimana dapatkan buku ini kirim di email sy royerwan93@yahoo.co.id buru bangat

Unknown mengatakan...

sya juga perlu buku Borg & gall. bagi yang punya soft filenya bisa minta tolong kirim ke email husnahappy27@gmail.com. atau bisa ngasih info belinya dimana ya? di Gramedia Semarang n beberapa kota saya sudah cek tidak ada soalnya. Terima kasih.

Muhammad Amin mengatakan...

yang butuh buku educational research bisa download di http://bookzz.org/book/1251528/071f42
semoga membantu

Izul Vkar mengatakan...

terima kasih mas @muhammad Amin

Unknown mengatakan...

Gk bsa di unduh gan

Toni mengatakan...

@Muhammad Amin ndak bisa masuk k situsnya, tolong dong kirim ke email saya.. tonisopianjakpar@gmail.com hehe

Zaid Ali Wardana mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Zaid Ali Wardana mengatakan...

Saya punya buku Educational "Research: An Introduction" dari borg and gall edisi ke-7. saya dengan senang hati akan memberikan file tersebut tapi ada beberapa hal yang hendak saya tanyakan sebelumnya, pada artikel tersebut kan R n D pengertiannya dijelaskan pada halaman 772 Tahun 1983, sedangkan pada edisi ke-7 buku tersebut hanya ada 600an halam tepatnya 649 halaman dan di daftar isi tidak ada halaman yang secara khusus membahas RnD sedang saat ini saya sedang mengerjakan penelitian RnD. saya benar-benar bingung dan masih belum mencoba membaca bukunya (maklum 600 halaman dan bahasa asing hehe) adakah dari anda disini yang bisa memberi saya penjelasan? kalau ada silahkan kontak saya via email zaidaliwardana@gmail.com saya akan dengan senang hati membagikan file buku tersebut, tanpa imbalan apa-apa kecuali ilmbalan berupa diskusi terkait buku tersebut hehe.

Unknown mengatakan...

saya butuh buku Educational Research: An Introduction dari Borg And Gall untuk skripsi saya. mohon yang punya soft filenya atau punya link untuk mengakses buku ini tolong infokan ke email saya elda.mei29@gmail.com. terima kasih

Unknown mengatakan...

Saya Ainal yaqin.
Saya membutuhkan buku Educational Research: An Introduction dengan penulis Borg & Gall untuk skripsi saya.
Bagi yang memiliki softfile buku tersebut dapat mengirimkan ke email saya yaitu ainalmuh@gmail.com.

terimakasih

Unknown mengatakan...

Mas boleh minta yg edisi ke 4 terimakasih. Ini email saya Maytaq10@gmail.com

Unknown mengatakan...

bisa minta tolong ga mengenai soft file-nya "Educational Research: An Introduction" ?
Saya butuh buat mengerjakan skripsi saya.....
ini e-mail saya:
riskamayhabibi@gmail.com
terserah yang edisi ke berapa soalnya di perpus kampus udah habis dipinjem..... T_T

Unknown mengatakan...

saya tertarik dengan bacaan diatas..
Boleh saya minta file buku lengkap nya buat belajar.
chuckz.wahyu@gmail.com
terimakasih.

X mengatakan...

kalau ada yg punya, bisa tolong kirim ke email simbah.ronggo@gmail.com tidak? edisi berapapun tidak masalah

Unknown mengatakan...

yang edisi ke 7 bisa download disini ya, semoga membantu

http://download.library1.org/main/813000/ebd06036ad1b9f55fedf09ca5cd0691d/Meredith%20D.%20Gall%2C%20Walter%20R.%20Borg%2C%20Joyce%20P.%20Gall-Educational%20Research_%20An%20Introduction%20%287th%20Edition%29-Allyn%20%26%20Bacon%20%282003%29.pdf

Unknown mengatakan...

Ada tugas disuruh nyari celah dari borg and gall. Jawabannya bagaimana ya?

inda mufidah@yahoo.co.id mengatakan...

@PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN : saya mau dong yg edisi ke 4, minta tolong banget, bisa sent via email ke email layla.fatimah@gmail.com untuk bahan skripsi, terima kasih :)

Viral mengatakan...

PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN : saya mau dong yg edisi ke 4, minta tolong banget, bisa sent via email ke email : fahrulrozilbs93@gmail.com untuk bahan tesis, terima kasih :)

Unknown mengatakan...

Kalo ada yg punya softfilenya bisa bantuannya untuk kirim? Kusumabagas3@gmail.com

Unknown mengatakan...

Kirm ke email saya
sakinah.ubudiyah@yahoo.com

novi ariyaningsih mengatakan...

ada yg bisa bantu kirimkan file ttg Rnd Khusus nya borg nd gall ini, saya butuh banget, bisa kirim ke email saya noviariyaningsih@gmail.com

Unknown mengatakan...

kalau boleh saya minta juga ya, saya perlu untuk bahan skripsi saya. kirim ke emain saya serafintanti1998@gmail.com

Syamsidar.A mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Erlanda Nathasia Subroto mengatakan...

apakah saya boleh minta softfile nya sebagai bahan tesis. jika anda berkenan email saya:
erlanda2294@gmail.com
terimakasih 😊