Selasa, 25 Oktober 2016

Menambah Penghasilan Tambahan Harian dengan Tikus

Anda tentu masih ingat bagaimana pemprov DKI melalui program kontrversi yang dirancang Jarot yang merupakan wakil gubernur DKI Jakarta dengan merancanag program membeli tikus hasil tangkapan warga seharga Rp. 20.000 per ekor (baca: Gerakan Basmi Tikus di Jakarta). Entah apa yang dimaksudkan Ahok Jarot dibalik program tersebut, yang pasti kita nilai baikny aja deh. Jika kita cermati, program tersebut merupakan program yang menarik, karena tikus merupakan hewan yang sering menjadi permasalahan bagi setiap orang, banyak orang yang jijik terhadap hewan tersebut. Disamping itu, tikus juga membawa penyakit seperti rabies. Baca juga Kenapa Ahok-Djarot Mewacanakan Gerakan Basmi Tikus di Jakarta? 

Tapi untuk menangkap tikus bukanlah perkara yang mudah, apalagi tikus tersebut berada di lorong-lorong. Bersembunyi di lubang dan tempat lain sebagainya yang sulit dijangkau. Tentunya anda tidak akan menjebol lubang tersebut kan hanya untuk menangkap seekor tikus, oleh karena tikus tersebut harus diakali supaya bisa ditangkap. Jebakan Tikus berikut ini bisa menjadi alternatif anda untuk menangkap tikus rumah (bukan tikus kantor). Lumayan kan kalau sehari dapat 5 kan jadinya Rp. 100.000, mayan buat penghasilan tambahan sebulan dapat 3 jt. hehe.







Setelah anda dapat banyak (tikus dan uang) dan dirasa populasi tikus sudah berkurang drastis, maka alangkah baiknya anda mengikuti saran dari Mbak Chrysti seperti yang dikutip dalam kompas berikut ini:

1. Kenali keberadaan tikus 
Lubang dan liang adalah tanda keberadaan tikus. Periksa area rumah, apakah terdapat lubang yang mencurigakan, bila ya, bisa jadi lubang tersebut merupakan lubang tikus. Segera benahi dan tutup lubang tersebut untuk mencegah tikus balik ke sarangnya. Kotoran tikus dan bau yang tidak sedap juga bisa merupakan tanda keberadaan tikus. Selain itu, perhatikan apakah terdapat jejak kaki dan jejak lemak tikus (smear). 

2. Kelola sampah dengan baik
Jangan biarkan sampah berceceran di area rumah. Pastikan juga tempat sampah yang Anda punya masih layak pakai dan tertutup dengan baik, bila perlu bersihkan secara berkala. Pengangkatan sampah dari rumah juga harus tepat waktu, jangan biarkan sampah di rumah menumpuk terlalu lama.

3. Bersihkan area rumah 
Bila ingin terbebas dari tikus, rumah harus benar-benar bersih. Bersihkan lantai secara rutin, untuk hal ini biasanya ruang dapur sering terlupakan. Mulai sekarang pastikan lantai dapur bersih, selain itu jangan lupa membersihkan peralatan dan buang sisa makanan sehabis masak. Kemas sisa makanan yang masih terpakai dengan baik dan letakan di tempat yang aman dari tikus.

4. Tutup celah masuk tikus
Seringkali tanpa disadari terdapat banyak celah masuk tikus. Celah ini terdapat pada rongga bawah pintu, celah masuk kabel pada dinding, celah jendela, maupun celah pipa paralon. Perlu diketahui bahwa tikus dapat melewati lubang sebesar 1,2 cm berbekal tulang belakang yang fleksibel. Jadi, jangan menunda terlalu lama untuk memeriksa dan menutup celah potensial yang terdapat pada area rumah Anda.

5. Rapikan barang-barang

Susun dengan baik barang-barang. Kondisi barang yang berantakan biasanya banyak terdapat di gudang dan memancing kedatangan tikus. Rapikan barang terutama di area gudang dengan menyusun barang secara sistematis. Caranya, masukan barang yang berceceran ke dalam wadah lalu susun rapi. Tumpukan barang seharusnya tidak boleh menempel ke tembok, ini untuk meminimalisasi ruang gerak tikus serta mempermudah memantau pergerakannya. 

Tidak ada komentar: