Rabu, 14 September 2016

Daya Dukung Telur Bebek Khas Brebes

Jika anda melewati Kabupaten Brebes, di sepanjang jalur pantura akan ada etalase yang menjual oleh-oleh khas Brebes yaitu telur bebek, meskipun Brebes juga terkenal penghasil bawang merah. Telur bebek di Brebes ini sebagian besar disuplai dari sumberdaya lokal, meskipun ada yang sebagian kecil dipasok dari Jawa Timur. 

Peternakan bebek di Brebes ini berada di pesisir utara Brebes, para peternak ini jumlahnya banyak banget, jadi tidak heran kalau banyak penjual telur bebek di Brebes. Dan menurut saya, kondisi pesisir juga ideal untuk dijadikan peternakan bebek karena suplai air sebagai "hiburan bebek" maupun sebagai kebutuhan bebek juga terpenuhi. Disamping itu, makanan untuk menghasilkan telur yang berkualitas juga bagus. Ikan yang sudah tidak terpakai oleh nelayan digunakan peternak bebek sebagai salah satu nutrisi untuk pakan bebek sehingga akan meningkatkan kualitas telur bebek.

Selain ika. Yang digiling, pakan bebek ini diperoleh dari sungai yaitu enceng gondok. Pertama kali saya mengira kalau enceng gondok di sungai itu merupakan sebagai tanaman liar, ternyata enceng gondok dirajang kemudian dicampur buat makanan bebek. Bebek bebek terlihat "menyenangkan" karena bebek bebek itu hidup seperti pada habitat aslinya. 
Umur bebek ini kurang lebih 2 tahun. Mulai bertelur setelah umur satu tahun, dan jika sudah berhenti bertelur akan dijual, biasanya laku Rp. 55000 per ekor jika sudah tidak bertelur. Tapi jika masih produktif bertelur harganya Rp. 75.000 per ekor. Rata-rata harga telurnya sekitar Rp. 1500 per biji. 
Penghidupan masyarakat pesisir disini terlihat lebih menjanjikan jika dibandingkan dengan masyarakat pesisir di daerah lain. Hal ini mungkin dikarenakan karena modal sosial dan daya dukung lingkungan yang lebih tersedia dan berkelanjutan. Perwujudan dari penghidupan sosial ini berupa kualitas permukiman yang lebih baik dibandingkan dengan daerah pesisir lainnya. Demikian sedikit cerita dari saya, dan pernyataan itu hanya sebagai asumsi tanpa didukung dengan data yang akurat. Terima kasih sudah berkungjung di blog saya.

Tidak ada komentar: